PELAYANAN ORDER & DAFTAR DISTRIBUTOR PUPUK NASA.CALL WA 085 222 373 224.

CARA MENGENDALIKAN HAMA TANAMAN PADI

CARA MENGENDALIKAN HAMA TANAMAN PADI
OLEH :

FAHMI SYAEFULLOH
                                                                WA : 0822 3407 8899

CARA MENGENDALIKAN HAMA TANAMAN PADI - gangguan hama dan penyakit pada padi
merupakan salah satu kendala yang cukup rumit dalam usaha pertanian. Keberadaan hama dan penyakit merupakan faktor yang dapat menghambat pertumbuhan padi dan pembuatan hasil. Serangannya pada tanaman dapat datang secara mendadak dan dapat bersifat eksplosif (meluas) sehingga dalam waktu yang relative singkat seringkali dapat mematikan seluruh padi dan menggaggalkan panen. Pemberantasan hama dan penyakit secara total tidak mungkin dapat dilakukan karena perkembangannya yang sangat cepat dan sulit dikontrol. Namun dengan pengamatan yang baik di lapangan sejak awal penanaman sampai panen, serangan hama dan penyakit dapat ditekan.

CARA MENGENDALIKAN HAMA TANAMAN PADI

Hama adalah binatang yang dianggap dapat mengganggu atau merusak padi dengan memakan bagian tanaman yang disukainya. Misalnya : Serangga (insekta), cacing (nematode), binatang menyusui, dan lain-lain. Penyakit yang menyerang padi bukan disebabkan oleh binatang, melainkan oleh makhluk mikrokospis, misalnya bakteri, virus, cendawan (jamur), dan lain-lain. Hama merupakan salah satu organisme pengganggu padi yang umumnya berupa binatang ataupun sekelompok binatang yang dapat menyebabkan kerusakan pada padi dan menimbulkan terjadinya kerugian secara ekonomis akibat serangan hama produktivitas padi menjadi menurun, baik kualitas maupun kuantitasnya, bahkan tidak jarang terjadi kegagalan panen. Oleh karena itu kehadirannya perlu dikendalikan, apabila pupulasinya di lahan telah melebihi batas ambang ekonomik.

CARA MENGENDALIKAN HAMA TANAMAN PADI

Dalam kegiatan pengendalian hama, pengenalan terhadap jenis-jenis hama (nama umum, siklus hidup, dan karakteristik), inang yang diserang, gejala serangan, mekanisme penyerangan termasuk tipe alat makan serta gejala kerusakan tanaman menjadi sangat penting agar tidak melakukan kesalahan dalam mengambil langkah/tindakan pengendalian.

A. Hama Putih (NYMPHULA DEPUNCTALIS) Gejala :
menyerang daun bibit, kerusakan berupa titik titik yanag memanjang sejajar tulang daun, ulat menggulung daun padi.

CARA MENGENDALIKAN HAMA TANAMAN PADI : 

1. Pengaturan air yang baik, penggunaan bibit sehat, melepaskan musuh alami, menggugurkan tabung daun.
2. Menggunakan BVR atau Pestona.
cara mengendalikan tanaman padi

B. Padi Thrips (THRYPS ORYZAE) Gejala :
daun menggulung dan berwarna kuning sampai kemerahan, pertumbuhan bibit terlambat, pada tanaman dewasa gabah tidak berisi.

CARA MENGENDALIKAN HAMA TANAMAN PADI : BVR atau PESTONA.

C. Wereng Penyerang Batang Padi, Gejala :
wereng padi coklat ( NILAPARVATA LUGENS). wereng padi berpunggung putih (sagotella furcifera) wereng penyerang daun padi, wereng padi hijau (NEPHOTETTIX APICALIS dan N IMPICTICEP) merusak dengan cara menghisap cairan batang padi dan dapat menularkan virus. Gejala : tanaman menjadi kuning dan mengering menjadi kredit.

CARA MENGENDALIKAN HAMA TANAMAN PADI :
1. Bertanam padi serempak, menggunakan varitas tahan wereng seperti : IR 36, IR 58, IR 36, cimanuk, progo dsb. Membersihkan lingkungan, melepas musuh alami seperti : laba-laba, kepinding dan kumbang lebah.
2. Penyemprotan BVR.

CARA MENGENDALIKAN HAMA TANAMAN PADI

D. Kepik Hijau (NEZARA VIRIDULA) menyerang batang dan buah padi. Gejala : pada batang terdapat bekas tusukan, buah padi yang diserang memiliki noda bekas isapan dan pertumbuhan tanaman terganggu.
u
CARA MENGENDALIKAN HAMA TANAMAN PADI :
Mengumpulkan dan memusnahkan telur telurnya, penyemprotan BVR dan PENTANA.


cara mengendalikan tanaman padi
E. Penggerak Batang Padi, Terdiri Atas : Penggerak batang padi putih ( TRYPORHYZA INNOTATA), kuning (TINCERTULAS) bergaris ( CHILO SUPRESSALIS) dan merah jambu ( SESAMIA INFERENS), menyerang batang dan pelepah daun, Gejala : pucuk tanaman layu, kering berwarna kemerahan dan mudah di cabut, daun mengering dan seluruh batang kering, kerusakan pada tanaman muda di sebut hama "SUNDEP" dan pada tanaman bunting (pengisian biji) di sebut beluk>

 CARA MENGENDALIKAN HAMA TANAMAN PADI :
1. Menggunakan varitas tahan, meningkatakan kebersihan lingkungan, menggenangi sawah selama 15 hari setelah panen agar kepompong mati, membakar jerami.
2. Menggunakan BVR dan PESTONA.

F. Walang Sangit (LEPTOCORIZA ACUATA) menyerang buah padi yang masak susu, gejala buah hampa atau berkulitas rendah seperti berkerut, berwarna coklat dan tidak enak. Pada daun terdapat bercak bekas isapan dan bulir padi berbintik bintik hitam.

CARA MENGENDALIKAN HAMA TANAMAN PADI :
1. Bertahan serempak, peningkatan kebersihan memusnahkan telur, melepas musuh alami seperti jangkrik, laba-laba.
2. Penyemprotan BVR dan PESTONA.


G. Burung, menyerang menjelang panen, tangkai buah patah, biji berserakan.

CARA MENGENDALIKAN HAMA TANAMAN PADI :
1. Mengusir dengan bunyi-bunyi atau orang-orangan sawah.

cara mengendaliakan hama tanaman padi


Sekian Artikel Tentang CARA MENGENDALIKAN HAMA TANAMAN PADI Konsultasi Dan Pemesanan Hub :

0822 3407 8899 Hubungi Langsung Via WhatsApp Klik Disini.







Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MENGENDALIKAN HAMA TANAMAN PADI"

Posting Komentar

berkomentarlah dengan bijak dan sesuai materi artikel yang di unggah | tidak terima spam