PELAYANAN ORDER & DAFTAR DISTRIBUTOR PUPUK NASA.CALL WA 085 222 373 224.

HAMA CENGKEH DAN CARA PEMBERANTASANNYA

JENIS HAMA CENGKEH DAN CARA PEMBERANTASANNYA

Gangguan pada pohon cengkeh itu kebanyakan terdiri dari serangan penyakit dan hama hama. Biasanya orang tidak ambil pusing antara perbedaan keduanya ini. Orang awam akan mengatakan keduanya itu dengan sebutan yang sama.

Sebenarnya antara penyakit dan hama mempunyai perbedaan. Maka untuk tidak mengaburkan hal hal yang telah dianggap kaprah itu, sedikit kita uraikan perbedaan antara penyakit dan hama.

Penyakit pada pohon cengkeh adalah kerusakan-kerusakan pada tanaman yang disebabkan oleh cendawan atau jamur, virus dan juga keadaan sekitar dari lingkungannya. Sementara yang disebut dengan hama, sebenarnya adalah kerusakan-kerusakan pada tanaman yang disebabkan oleh gangguan binatang yang terutama serangga dan hewan-hewan lainnya.


Untuk itu maka kita ketahui pula kalau penyakit dan hama yang biasa menyerang pada pohon-pohon cengkeh sebagai berikut :

JENIS JENIS HAMA TANAMAN CENGKEH

1. KUTU DAN JAMUR JELAGA

Untuk jenis ini biasanya menyerang pucuk-pucuk daun cengkih,yang diserang itu tidak peduli pohon cegkeh yang masih muda ataupun pohon yang telah cukup dewasa. Bila mereka telah mulai menyerang, maka daun-daun yang diserang itu warnanya akan berubah menjadi hitam. Dengan demikian daun tersebut akan mengalami kesulitan untuk melakukan asimilasi. Penularan hama ini sangatlah cepat. Pertumbuhan dan pembungaan cengkeh akan mengalami gangguan. Cara cara kutu ini menyerang dengan melekatkan diri pada tangkai dan daun juga ranting-ranting yang masih muda. Kemudian kutu tersebut membajak dan menghisap cairan makanan. Bila hal ini dibiarkan, maka akan menyebabkan pohon cengkeh mati ranting. Penularan dari kutu jamur jelaga itu dibawa oleh jenis semut, Karena itulah, setiap ada kutu tersebut, maka akan banyak pula kita temukan semut-semut.

CARA MENGATASI HAMA KUTU TANAMAN CENGKEH

Untuk mengatasi atau memberantas jenis kutu dan jamur ini, pergunakan semprotan yang di isi dengan endrin 1% dicampur dengan medol1/2%. untuk mengantisipasi hama tersebut semprotkan PESTONA secara teratur.


JENIS JENIS PENYAKIT TANAMAN CENGKEH

2. MATI BUJANG

Mati bujang adalah penyakit tanaman cengkeh yang harus mendapatkan perhatian serius. Sebab biasanya bila pohon telah terserang penyakit ini maka kerugian besar akan menimpa. Terjadinya penyakit ini akibat dari terganggunya perakaran dalam lapisan yang dangkal. Lapisan tanah yang dangkal itu akan tergenang air, maka akan membuat akar-akar pohon cengkeh itu membusuk dan mati.
Tanda-tanda penyakit ini adalah :
Pucuk pohon mendadak menjadi mati dan kemudian akan meluas sampai pada tingkat bawah. Pohon yang terkena penyakit mati bujang akan mudah kelihatan, karena pohonnya kelihatan hampir gundul dan daun-daunnya menyuram warnanya, walaupun tak segera gugur. Bila sudah demikian pohon cengkeh akan mati dengan sendirinya.

CARA MENCEGAH PENYAKIT TANAMAN CENGKEH

Adapun cara pencegahannya :

Perlu adanya penelitian yang lebih mendalam dan serius terhadap jenis tanah dan tingkat kesuburannya. Sebelum menanam, kita harus memperhatikan drainase. Bila pengairan kurang baik maka kita harus menyempurnakannya dengan pemberian pupuk pada tanah tersebut agar Ph keasaman tanah dapat dinetralisir dan dapat menggemburkan kembali tanah tersebut. dalam hal ini penting sekali peran PUPUK SUPERNASA untuk mengatasi masalah tersebut.


CARA MENGATASI PENYAKIT TANAMAN CENGKEH

3. MATI RANTING

Penyakit mati ranting sering pula disebut dengan nama DIE BACK. Penyebab penyakit tersebut adalah akibat dari terganggunya perakaran oleh sesuatu sebab di dalam tanah. Hal ini dapat pula karena banyaknya mengeluarkan energi sewaktu berbunga lebat. Karena banyaknya energi yang dikeluarkan maka mengakibatkan kelemahan pada tanaman di dalam menghisap unsur hara.

Akar-akar sebagian membusuk. Biasanya penyakit ini banyak menyerang pohon cengkih yang berumur kurang lebih 7 tahun, terutama pada pohon-pohon yang telah menghasilkan. Penyakit ini juga menyerang pohon cengkeh yang ditanam dekat sumber air.

CARA MENCEGAH PENYAKIT MATI RANTING TANAMAN CENGKEH

Penggemburan tanah dan pemupukan yang cukup, dengan melihat kualitas pupuk yang mampu mencukupi semua unsur hara yang dibutuhkan. PUPUK SUPERNASA berperan dalam mengatasi hal tersebut.

PENYAKIT BUSUK AKAR TANAMAN CENGKEH

4. BUSUK AKAR

Penyakit ini penyebabnya adalah Phythopthora, Pythium dan Rhizoctinia yang semuanya itu adalah macam macam dari jamur.

Tanda-tanda pohon yang terserang penyakit busuk akar ialah, daunnya tampak kekuning-kuningan, kemudian layu dan akhirnya daun tersebut mengering. Apabila kita memeriksa dengan mencabut batangnya, maka akan kelihatan dengan jelas bahwa akar dari cengkih tersebut telah membusuk.

CARA MENCEGAH BUSUK AKAR PADA CENGKEH

Sebelum tanam gunakan NATURAL GLIO UNTUK MENCEGAH JAMUR TANAMAN.
tetapi kalau sudah terlanjur terserang penyakit jenis ini, segeralah di cabut. Juga cara pencabutannya harus kita usahakan agar tanahnya tidak berhamburan. Bekas-bekas pohon yang kita cabuti itu harus di bakar.


HAMA PENGGEREK BATANG TANAMAN CENGKEH

5. PENGGEREK BATANG

Hama penggerek batang adalah hama yang juga sering menyerang pohon-pohon cengkeh. Bila hama ini telah menyerang, maka batang cengkeh tersebut akan menimbulkan lubang-lubang yang jalur jalannya zig zag. Dengan adanya luka tersebut maka akan mengganggu peredaran zat makanan dari bawah. Cenkeh yang diserang hama ini biasanya berumur 4-8 tahun. Adapun bentuk hama yang menyerang berupa ulat atau larva dari semacam kumbang kecil (nothopeus fasciatipennis). Caranya ulat tersebut meletakkan telurnya dan sekaligus bertelur pada batang yang letaknya dekat permukaan tanah.

CARA MEMBASMI HAMA PENGGEREK BATANG CENGKEH

Adapun cara pemberantasannya dari hama ini adalah dengan menutup lubang itu hingga rapat dengan kapas yang sudah di basahi NATURAL PENTANA. Dengan demikian sisa-sisa telur yang terdapat didalamnya dapat mati dengan sendirinya.


6. ANAI ANAI

Anai-anai atau rayap ini sangatlah mengganggu bagi tumbuhan cengkih yang masih muda, karena binatang ini sering menetaskan telur di dalam tanah yang dekat dengan akar.

Adapun cara pencegahannya adalah dengan menyemprotkan insektisida.

PENYAKIT DAUN PADA TANAMAN CENGKEH

7. PENYAKIT DAUN

Penyakit ini disebabkan oleh cendawan, biasanya terjadi di persemaian dan petamanan. Hal ini terjadi kalau tempatnya terlalu gelap.

Cara pemberantasannya dengan jalan mengurangi peneduh dan menyemprot hormon penyubur.
POC NASA dan HORMONIK.





Subscribe to receive free email updates:

9 Responses to "HAMA CENGKEH DAN CARA PEMBERANTASANNYA"

  1. disengaja orang diracun dengan cara disuntukkan kebatang pohonnya..cara mengatasi agar tumbuh kembali bagaimana gan..
    Mohon petunjuk gank..terimakasih

    BalasHapus
  2. Bagaimana cara membrantas hama yang sejenis kutu pada batang tanaman cengkeh

    BalasHapus
  3. Assalamu alaikum wr wr Mas, brp harga perbotolnya, di Aceh blm ad yg menjualnya (agen).

    BalasHapus
  4. Mau tanya bos
    Bagaimana caranya supaya hasil panen cengkeh saya biar bisa maksimal
    Soal e setiap panen hanya dapat kurang lebih 25 kg keting untuk 14 pohon cengkeh saya

    BalasHapus
  5. Dosis aplikasi glio dan pentana

    BalasHapus

berkomentarlah dengan bijak dan sesuai materi artikel yang di unggah | tidak terima spam