PELAYANAN ORDER & DAFTAR DISTRIBUTOR PUPUK NASA.CALL WA 085 222 373 224.

CARA PEMELIHARAAN KELAPA SAWIT

CARA PEMELIHARAAN KELAPA SAWIT YANG BAIK

Tujuan utama dari sebuah budidaya atau apapun jenis yang di budidayakan adalah hasil yang didapatkan. Tidak terkecuali dalam hal budidaya kelapa sawit, semakin banyak buah yang di hasilkan, maka semakin optimal pula hasil yang di dapatkan. Fakta yang real membuktikan bahwa pemeliharaan tanaman kelapa sawit yang benar, maka akan menghasilkan buah kelapa sawit yang melimpah, dan begitu pula sebaliknya apabila pembudidaya tidak memperhatikan pemeliharaan yang benar, maka hasilnya tidak akan optimal pula. Namun sebagai pengusaha, kita juga harus memperhatikan kost/biaya yang dikeluarkan selama pemeliharaan/ perawatan kelapa sawit. Kita harus pandai memilih tehnik perawatan dan pemupukan yang sesuai dengan skenario biaya hemat untung berlipat.


Berikut saya uraikan beberapa faktor untuk pemeliharaan kelapa sawit yang penting diperhatikan :

a. Sistem pemeliharaan beradaptasi dengan linkungan

Sistem pemeliharaan kelapa sawit harus sesuai dengan kondisi yang ada di sekitar atau lingkungan sekitarnya, Perawatan kelapa sawit di suatu daerah bisa berbeda dengan daerah lainnya. Sebagai contoh : Kelapa sawit di area lahan mineral yang cukup tidak sama perlakuannya dengan kelapa sawit yang di tanam di area lahan gambut. kelapa sawit di lahan gambut, sangat membutuhkan unsur hara mikro Cu, Fe dan membutuhkan sistem drainase yang baik, sedangkan kelapa sawit yang ditanam di lahan mineral tidak terlalu membutuhkan hara mikro seperti di lahan gambut.

b. Pengguanaan alat modern

Seiring berjalannya waktu, zaman semakin berkembang dan mengalami perubahan era. tidak terkecuali dalam hal teknologi alat pertanian dan perkebunan. era sekarang banyak alat pertanian yang sudah modern dan sangat membantu pemeliharaan, terutama bisa menekan biaya untuk tenaga kerja. Peralatan modern bisa membantu memberikan hasil yang maksimal.

c. Penanganan gulma secara intensif

Gulma adalah tanaman pengganggu yang tumbuh di area lahan tanaman yang kita budidayakan. Adanya gulma menjadi pesaing tanaman kelapa sawit dalam mendapatkan unsur hara dalam tanah, yang tentu akan mengurangi unsur hara yang diserap oleh kelapa sawit yang kita budidayakan. Gulma banyak macamnya di antaranya : rumput berduri, babandotan, sedunduk, ilalang, pisang dan sebagainya.

d. Pemberantasan hama dan penyakit

Banyak terdapat hama dan penyakit yang menyerang tanaman kelapa sawit. Hama dan penyakit tersebut dapat menyerang  mulai dari akar, batang, pelepah, daun, bunga dan buah. Pemberantasan hama dan penyakit sebaiknya dilakukan sejak dini tengan motede tehnik pengendalian, jangan sampai sudah terserang baru mencari solusi.

e. Pemupukan terjadwal

Pemupukan kelapa sawit yang baik tidak boleh sembarangan atau asal asalan. Pemupukan kelapa sawit harus terjadwal dan konsisten. Jangan hanya pupuk makro saja yang utama di aplikasikan, perhatikan keseimbangan unsur hara yang di butuhkan oleh petumbuhan kelapa sawit yang kita budidayakan.

f. Dosis pupuk yang tepat

Dosis pemupukan kelapa sawit bagi pembudidaya harus di pelajari dan dikuasai, karena kelebihan atau kekeurangan dosis pemupukan akan mempengaruhi produksi yang di hasilkan.

g. Mengatur penunasan

Penunasan kelapa sawit bertujuan untuk mempertahankan struktur pohon kelapa sawit, membersihkan tanaman dan meningkatkan produktifitasnya. Pengerjaan penunasan harus disesuaikan terhadap umur tanaman tersebut. Tanaman yang berumur kurang dari 9 tahun tunasnya songgo 3, umur 9 sampai 15 tahun songgo 2, sementara tanaman kelapa sawit yang umurnya lebih dari 15 tahun songgo 1.

h. Cara pemanenan yang benar

Cara pemanenan kelapa sawit yang benar harus di lakukan dengan tehnik yang baik, jika salah, maka besar kemungkinan hal tersebut bisa menyebabkan tanaman menjadi tidak optimal dalam proses pertumbuhannya. Prosedur Pemanenan yang tidak benar memungkinkan tanaman kelapa sawit sulit untuk berbunga dan berbuah sehingga tidak tercapainya hasil yang kita harapkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA PEMELIHARAAN KELAPA SAWIT"

Posting Komentar

berkomentarlah dengan bijak dan sesuai materi artikel yang di unggah | tidak terima spam