PELAYANAN ORDER & DAFTAR DISTRIBUTOR PUPUK NASA.CALL WA 085 222 373 224.

TEHNIK PEMUPUKAN DAN PERAWATAN TANAMAN KOPI

TEHNIK PEMUPUKAN DAN PERAWATAN TANAMAN KOPI

Pohon kopi gayo merupakan tanaman kopi yang menghasilkan kopi arabika. Jenis kopi arabika yang dihasilkan adalah jenis kopi yang telah memilki pengakuan dari pasar kopi dunia sebagai jenis kopi yang terbaik. Sehingga tidak heran jika harga yang dimilik kopi ini lumayan fantastis dibandingkan dengan jenis kopi arabika lainnya.


Perlu Anda ketahui, saat ini jenis kopi gayo pasokannya masih terbilang kurang untuk pasar kopi dunia. Hal tersebut dikarenakan di indonesia kopi ini masih memiliki produktivitas yang rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhi permasalahan tersebut ada pada cara proses pembudidayaannya.

Banyak petani kopi gayo di indonesia yang belum memaksimalkan proses budidaya kopi ini. Ada 2 faktor yang masih terbilang kurang intensif untuk dilakukan oleh para petani yaitu pemupukan secara intens dan perlindungan pohon kopi dari serangan hama. Untuk menghasilkan produktivitas yang tinggi, kedua hal tersebut memang harus dilakukan secara intens.

Kedua hal tersebut merupakan faktor penunjang keberhasilan dalam proses budidaya kopi gayo. Yang menjadi poin penting sekarang adalah bagaimana cara Anda melakukan perawatan pohon kopi secara rutin atau intens. Sehingga hasil yang didapatkan akan sesuai dengan yang diharapkan.

Pemupukan

Setiap bulan Anda harus memberikan pupuk dengan dosis yang pas sesuai dengan umur tanaman kopi. Jika pemupukan yang sering Anda berikan adalah pupuk organik yang terbuat dari kotoran hewan maupun limbah tanaman, ada baiknya Anda menambahkan pupuk buatan sebagai stimulan untuk pohon kopi Anda.

Pada saat kopi gayo berumur 0 hingga 1 tahun, pohon kopi Anda hanya memerlukan beberapa kandungan pupuk saja. Kandungan pupuk tersebut terdiri dari Phospat (P), Nitrogen (N), serta Kalium (K) sebanyak 60 gram atau setara dengan 0,06 kg untuk satu pohonnya. Sehingga total keseluruhan adalah 90 kg unuk 1 hektar pohon kopi.

Pada saat pohon kopi Anda sudah berumur 1 hingga 2 tahun, pemberian pupuk lebih baik ditingkatkan dosisnya. Untuk setiap pohon kopi diberikan 45 gram NPK dan diberikan sebanyak 4 kali atau setara dengan 270 kg NPK untuk satu hektar pohon kopi. Pada daat pohon kopi berumur 3 tahun, pemberian pupuk NPK lebih ditingkatkan lagi dosisnya menjadi 75 gram NPK dan diberikan per 3 bulan sekali. Artinya kebutuhan NPK untuk satu hektar lahan setara dengan 450 kg.

Disampng pemupukan yang intensif, Anda juga perlu melakuan pemangkasan untuk cabang-cabang yang liar secara intensif. Anda harus mempertahankan jumlah cabang, sehigga pohon kopi Anda dapat berbuah dengan baik serta dapat memenuhi standar mutu pada pasar kopi dunia.

Untuk mengatisipasi perubahan iklim serta cuaca maka Anda perlu melakukan pemberian nutrisi yang berimbang pada pohon kopi Anda, diharapkan dapat meminimalisir pengaruh dari perubahan cuaca dan tanaman kopi Anda akan tahan dengan berbagai kondisi iklim dan cuaca.

Tangkal Hama

Selama proses budidaya kopi, Anda pastinya pernah dibuat kewalahan dengan pertumbuhan gulma atau tanaman pengganggu. Keberadaan gulma disekitar pohon kopi Anda akan mengganggu proses pertumbuhan dari pohon kopi itu sendiri. Untuk mengantisipasi serangan gulma, Anda dapat menggunakan rumput pinto sebagai penangkal. Rumput pinto dikenal juga sebagai rumput penutup lahan. Fungsinya dari rumput pinto adalah menghambat pertumbuhan gulma yang tumbuh disekitar pohon kopi Anda. Selain sebagai tanaman penutup lahan, rumput pinto akan menjadi pemasok nitrogen akan menjadi pemasok nitrogen untuk tanaman kopi Anda.

SUPERNASA

FORMULA KHUSUS MURNI BAHAN-BAHAN ORGANIK UNTUK PUPUK DASAR / PENYIRAMAN TANAMAN


Fungsi Utama :
  1. Ditujukan terutama untuk mengurangi penggunaan pupuk NPK (50% dari dosis rekomendasi setempat ) sehingga terjadi keseimbangan antara penggunaan pupuk kimia dan organik.
  2. Ditujukan untuk memperbaiki lahan-lahan yang rusak karena SUPER NASA memiliki kandungan Humat dan Fulvat yang berangsur-angsur akan memperbaiki konsistensi (kegemburan) tanah yang keras membantu perkembangan mikroorganisme tanah yang bermanfaat bagi tanaman seperti cacing, mikroba alami setempat, dll.
  3. Dapat digunakan untuk smua jenis tanaman pangan (padi, palawija, dll), horti (sayuran,buah, bunga) dan tahunan (coklat, kelapa sawit,karet,dll) SUPER NASA mengandung lengkap unsur hara/nutrisi makro dan mikro bagi tanaman.
  4. Kandungan Hormon/Zat Pengatur Tumbuh (Auxin, Giberelin dan Sitokinin) akan mempercepat perkecambahan biji, pertumbuhan akar, fase vegetatif/pertumbuhan tanaman serta memperbanyak dan mengurangi kerontokan bunga dan buah.
  5. Memacu perbanyakan pembentukan senyawa polyfenol untuk meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan penyakit.
  6. Dapat melarutkan SP-36 dengan cepat.
POWER NUTRITION


Power Nutrition dibuat dari bahan alami pilihan yang terjamin ke-tersediaannya dan diproses dengan mekanisme teknologi gradasi dan degradasi unsur melewati proses piruvatisai tingkat 3 sehingga langsung dapat dimanfaatkan oleh jaringan tanaman.
  • Dibuat khsus untuk tanaman buah-buahan tahunan (mangga, jeruk, panili, lada, coklat,kelapa sawit dll.) Walaupun juga dapat dipergunakan untuk tanaman buah-buahan semusim (cabai, tomat, melon, dll)
  • Meningkatkan produktifitas buah, dengan memperbanyak buah dan membantu pembuahan di luar musim (faktor air cukup, iklim tidak ekstrim, hama penyakit normal).
  • Membantu mengurangi kerontokan bunga/buah dan membantu meningkatkan kualitas buah (rasa, aroma, warna) serta meningkatkan keawetan buah dari kerusakan setelah panen.
  • Mengurangi kebutuhan pupuk makro (N, P dan K)hingga 75%-90%, sekaligus memperbaiki kerusakan tanah secara bertahap, meningkatkan kesuburan tanah dan membantu perkembangan mikroorganisme tanah yang bermanfaat bagi tanaman.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TEHNIK PEMUPUKAN DAN PERAWATAN TANAMAN KOPI"

Posting Komentar

berkomentarlah dengan bijak dan sesuai materi artikel yang di unggah | tidak terima spam