PELAYANAN ORDER & DAFTAR DISTRIBUTOR PUPUK NASA.CALL WA 085 222 373 224.

CARA BUDIDAYA KOPI YANG BAIK DAN BENAR

CARA BUDIDAYA KOPI YANG BAIK DAN BENAR

Melakukan budidaya tanaman kopi bisa menjadi alternatif pilihan bagi kamu yang ingin memulai usaha baru dalam bidang kopi. Komoditas kopi di pasaran dunia tidak akan pernah mati, hal ini disebabkan kopi termasuk salah satu minuman yang setiap hari diminum oleh banyak orang. Apalagi sekarang ini sudah terungkap bahwa mengkonsumsi kopi dengan dosis yang tepat sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dalam membudidayakan tanaman kopi tidak membutuhkan lahan yang luas karena dengan lahan yang sempit pun kamu bisa menanam kopi dengan baik.


Nah, jika kamu tertarik untuk melakukan budidaya tanaman kopi, maka ikutilah teknik budidaya tanaman kopi yang benar berikut ini :

1. Memilih Jenis Kopi yang Akan Ditanam

Langkah awal untuk menanam kopi adalah memilih jenis kopi yang nantinya akan ditanam. Ada banyak jenis kopi yang bisa dipilih untuk ditanam. Namun, ada dua yang sering ditanam oleh para petani kopi di Indonesia, yaitu kopi jenis arabika dan kopi robusta. Kedua jenis kopi ini memang lebih mudah ditanam dibandingkan dengan kopi jenis lainnya.

Setelah menemukan jenis kopi yang akan ditanam, maka langkah selanjutnya dalam cara tanam kopi adalah melakukan pemilihan bibit yang berkualitas unggul. Kamu bisa mendapatkan biji kopi berkualitas baik diberbagai toko bibit.

2. Menyiapkan Lahan Untuk Menanam

Setelah menemukan bibit yang unggul maka langkah selanjutnya dalam budidaya tanaman kopi adalah menyiapkan lahan yang akan ditanami kopi. Seperti yang sudah disebutkan, lahan yang digunakan untuk menanam kopi tidak perlu terlalu luas karena kopi bisa ditanam dengan lahan yang sempit. Tahap persiapan lahan ini dimulai dengan menyiapkan pohon untuk peneduh tanaman kopi.

Pohon peneduh ini sangat dibutuhkan untuk menghalau sinar matahari yang berlebihan mengenai tanaman kopi. Hal ini disebabkan kopi tidak membutuhkan terlalu banyak sinar matahari.

3. Menanam Bibit Kopi

Jika lahan sudah siap maka langkah selanjutnya dalam membudidayakan kopi adalah menanam bibit yang sudah disiapkan di lahan yang sudah siap. Dalam menanam bibit kopi, jarak tanaman kopi sebaiknya tidak lebih dari 3 meter. Jarak untuk menanam kopi ini tergantung dari jenis kopi yang dipilih. Penanaman bibit kopi tidak dilakukan dengan cepat, lubang untuk menanam harus disiapkan dua bulan sebelum menempatkan bibit kopi didalamnya.

Persiapan lubang tanam ini dimaksudkan agar hasil dari tanaman kopi berkualitas unggul. Selain itu, dengan persiapan ini bibit kopi yang akan ditanam akan semakin matang dan tidak mudah mati.

4. Merawat Bibit Kopi yang Sudah Ditanam

Setelah ditanam maka langkah selanjutnya dalam budidaya tanaman kopi adalah merawat agar kopi tidak mati. Cara merawat tanaman kopi ini harus dilakukan secara rutin setiap bulannya. Pangkaslah gulma atau tanaman pengganggu di sekitar tanaman kopi. Selain itu berikanlah pupuk yang cukup agar kopi tumbuh dengan baik.

5. Melakukan Panen

Langkah terakhir yang sangat dinantikan setelah menanam kopi adalah melakukan panen. Panen merupakan bagian terpenting dalam budidaya tanaman kopi. Hal ini disebabkan jika salah panen kopi maka hasil kopi di tahun selanjutnya akan lebih buruk. Biasanya tanaman kopi akan berbuah dengan jumlah maksimal pada usianya yang ke 5 sampai 7 tahun.

Cukup mudah bukan untuk melakukan budidaya tanaman kopi ini? Yang dibutuhkan dalam melakukan budidaya kopi bukanlah lahan yang luas melainkan ketekunan dalam perawatan. Jenis kopi tertentu sangat rawan terhadap serangan penyakit dan hama. Tanpa perawatan yang intensif maka kopi yang dihasilkan tidak akan maksimal. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin melakukan budidaya kopi harus dilakukan dengan sepenuh hati agar hasilnya  juga maksimal.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA BUDIDAYA KOPI YANG BAIK DAN BENAR"

Posting Komentar

berkomentarlah dengan bijak dan sesuai materi artikel yang di unggah | tidak terima spam