PELAYANAN ORDER & DAFTAR DISTRIBUTOR PUPUK NASA.CALL WA 085 222 373 224.

CARA PENGENDALIAN HAMA PENYAKIT PADA TANAMAN CABAI

CARA PENGENDALIAN HAMA PENYAKIT PADA TANAMAN CABAI 

Cabai atau cabai merah atau chili adalah buah dan tumbuhan anggota genus Capsicum. Buahnya dapat digolongkan sebagai sayuran maupun bumbu, tergantung bagaimana digunakan. Sebagai bumbu, buah cabai yang pedas sangat populer di Asia Tenggara sebagai penguat rasa makanan. Cara Pengendalian hama penyakit pada tanaman cabai adalah sebagai berikut.



LAYU FUSARIUM (fusariun oxysporum f.sp)

Penyakit ini memiliki gejala daun yang terserang mengalami kelayuan dan mengguning mulai dari bagian bawah tanaman kemudianmenjalar ke atas menuju ranting muda tempat luka infeksi akan tertutup hifa putih seperti kapas serta warna jaringan akar dan batang tanaman menjadi coklat dampak dari seranganya adalah cabai yang masih kecil akan rontok apabila serangan sudah sampai pada batang.

Pengendali yang dapat di lakukan :


  1. Menyabut dan memusnakan tanaman yang terserang .
  2. Dapat memanfaatkan agen antagonisnya ,yaitu trichoderma sp dan gliocladium spp yang dapat di aplikasikan saat pemupukan dasar.
  3. Alternatif terakir adalah menggunakan fungisida namun dalam dosis yang di perlukan saja. 
LAYU BAKTERI RALSTONIA(ralstonia solanacearum)

Gejala terserangnya penyakit ini di tunjukan jika pada tanaman tua. layu pertama biyasanya terjadi pada daun yang terletak pada bagian bawah tanaman. pada tanaman muda , gejala layu mulai tanpak pada daun bagian atas tanaman.

Setelah beberapa hari tanaman akan mengalami layu tiba-tiba dan seluruh daun tanaman akan menjadi layu permanen , sedangkan warna daun akan tetap hijau dan kadang-kadang sedikit kekuningan. bila batang atau akar tanaman di potong melintang dan di celupkan ke dalam air jernih , maka akan keluar cairan keruh yang merupakan koloni bakteri yang menyerupai kumpulan asap, penyakit ini berkembang pesat saat musim hujan.

Pengendaliaan yang dapat di lakukan :


  1.  Mencabut dan memusnahka tanaman yang terserang 
  2. penggunaan bibit sehat dan melakukan pergiliran tanaman
  3. Dapat menanfaatkan agen antagonisnya yaitu trichoderma sp dan gliocladium spp, yang dapat dilakukan saat pemupukan dasar.
  4. Bisa dapat memanfaatkan bacilius subtilis sebagai penawarnya .
  5. Alternatif terakir adalah menggunakan fungisida namun dalam dosis yang di perlukan saja.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA PENGENDALIAN HAMA PENYAKIT PADA TANAMAN CABAI"

Posting Komentar

berkomentarlah dengan bijak dan sesuai materi artikel yang di unggah | tidak terima spam