PELAYANAN ORDER & DAFTAR DISTRIBUTOR PUPUK NASA.CALL WA 085 222 373 224.

PENGENDALIAN PENYAKIT BUSUK BUAH PADA TANAMAN CABAI

Pengendalian Penyakit Busuk Buah Pada Tanaman Cabai - Cabai termasuk dalam tanaman yang paling banyak dibudidayakan oleh petani. Penyakit yang bisa menyerang tanaman cabai, terutama cabai merah memiliki jenis yang beragam. Penanganan penyakit pada tanaman cabai harus sangat diperhatikan, mulai dari pencegahan sampai dengan pengendaliannya. Penyakit yang menyerang ini dapat mengakibatkan tanaman rusak atau bahkan gagal panen. Berikut beberapa jenis penyakit penting yang menyerang cabai dan bagaimana cara pengendaliannya.

PENYAKIT BUSUK BUAH PADA TANAMAN CABAI (ANTRAKNOSA)

Penyakit busik kering dan Antraknosa pada buah cabai sering kali menyebapkan gagal panen. penyakit busuk buah mudah menular dengan cepat , oleh karena itu segera lakukan lakukan tindakan secepat mungkin ,jika serangan sudah terlanjur parah ,penyakit ANTAKNOSA sangat sulit untuk di obati. Untuk penanggulangan bisa menggunakan GLIO NASA.




Busuk Buah Antraknosa (Collectrotichum gloeospoiroides)

Gejala penyakit ini adalah ditandai dengan munculnya bercak agak mengkilap , sedikit terbenam dan ber air ,bisa berwarna hitam,orange(apabila lingkungan lembap), dan coklat pada buah cabai yang terserang luka akan semakin melebar dan membentuk lingkaran dalam waktu yang tidak lama buah akan menjadi coklat kehitaman dan membusuk penyakit ini menyerang pada buah cabai yang masih muda maupun sudah tua. penyakit ini bisa menular melalui satu patogen yang terbawa benih yang menyebar melalui percikan air , penyakit akan berkembang pesat pada suhu rendah dan musim hujan.


Cara Pengendalian Yg Dapat Dilakukan :

  1. Mencabut dan memusnahkan tanaman atau buah terserang.
  2. Seleksi benih atau menggunakan benih yang tahan terhadap penyakit ini
  3. Kultur teknis dengan pergiliran tanaman 
  4. Alternatif terakir adalah dengan fungsida namun dengan dosis yang sesuai dan hindari penggunaan alat semprot.

Pengendalian dapat dengan cara menggunakan BVR
Dengan cara di semprotkan pada area yang terserang walang sangit , satu bungkus berisi 100 gr untuk menyemprot lahan seluas 1.000 meter persegi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENGENDALIAN PENYAKIT BUSUK BUAH PADA TANAMAN CABAI"

Posting Komentar

berkomentarlah dengan bijak dan sesuai materi artikel yang di unggah | tidak terima spam