PELAYANAN ORDER & DAFTAR DISTRIBUTOR PUPUK NASA.CALL WA 085 222 373 224.

TANYA JAWAB MENGENAI PENGGUNAAN SUPERNASA DAN POC NASA

TANYA JAWAB MENGENAI PENGGUNAAN SUPERNASA DAN POC NASA

1.Tanya: Untuk apa saja penggunaan POC NASA dan POP SUPERNASA?
   Jawab: POC NASA dan POP SUPERNASA di gunakan untuk pertanian semua jenis tanaman pangan, holtikultura,(buah,sayur,tanaman hiyas),Tanaman tahunan/perkebunan. Perikanan (kolam tambak) dan perternakan (Ungas dan ternak).

2. Tanya : Apa bahan baku POC NASA dan POP SUPERNASA dan proses pembuatanya?
   Jawab : Bahan baku berupa kotoran ternak ,kompos,limbah alam, hormon tumbuhan serta ''Bumbu-Bumbu" alami lainya yang di proses secara alamiah selama 4 bulan hinga jadi.

3. Tanya : Apa kandungan unsur dalan POC NASA dan POP SUPER NASA? 
    Jawab : Kandungan unsur POC NASA danPOP SUPERNASA terdapat kurang lebih 90 unsur menginggat bahan bakunya yang mengandung kurang lebih 90 unsur tetapi yang di cantumkan hanya 13 jenis unsur makro dan mikro ( memperlukan unsur yang mutlak/wajib dibutuhkan oleh semua tanaman yaitu unsur N,P,K,MG,Ca,S,CL,Fe,Mn,Cu,Zn,B dan Mo).di lengkapi juga asam humat dan fulvat (perbaikan tanah) , Acetid Atid (IAA)/Auksin , Giberelin dan Sitokinin serta asam asam amino (protekin) dan lemak nabati.

 4. Tanya : Apa guna 13 Unsur hara? 
     Jawab : 13 Unsur hara merupakan "4sehat 5 sempurnanya" tanaman. Untuk tumbuh dan berproduksi dengan sempurna, tanaman mutlak (Wajib) mendapatkan 13 unsur hara. kekurangan satu jenis saja sudah akan menyebapkan gangguan pertumbuhan dan produksi.

5. Tanya : Apa perbedaan POC NASA dan POPS SUPERNASA?
    Jawab : Kandungan unsur makro dan mikro , humat dan vulvat POP SUPERNASA sehingga POP SUPERNASA untuk di siramkan (tidak di semprotkan ke tanaman).POP SUPERNASA dapat menggurangi penggunaan pupuk makro lebih banyak (25%-50%) dari pada POC NASA (12,5%-25%). pelepasan unsur hara POP SUPERNASA bersifat slow release (bertahap) dibanding POC NASA . POP SUPER NASA merupakan kemampuan lebih tinggi dalam memperbaiki tanahrusak di bandingkan POC NASA.

6. Tanya ; Mengapa POP SUPERNASA  tidak di anjurkan untuk di semprotkan?
    Jawab : karena meskipun organik murni, tetapi konsentrasi unsur hara makro (N,P,K) dalam POP SUPERNASA cukup tinggi sehinga jika di semprotkan dengan konsentrasi yang terlalu pekat dan merusak daun. 

7. Tanya :Apa zat pengatur Tumbuh (zpt)/ hormon pada tanaman?
    Jawab : Fungsi penting ZPT adalah untuk proses pembentukan perakaran,mempercepat pertumbuhan tanaman, merangsang tanaman berbubgga dab berbuah serta mencegah /menggurangi tingkat kerontokan bunga dan buah.

8. Tanya : Kapan Harmonik harus diberikan?
    Jawab : Pada prisipya sesuai fungsi HARMONIK pemberian pada masa vegetatif (pertumbuhan) hingga masa generatif (berproduksi) akan lebih baik. namun setidak tidak nya menjelang masa generatif.

9. Tanya : Apa peran humat dan fulvat ?
    Jawab : peran humat dan fulvat adalah untuk melarutkan sisa sisa pupuk kimia dalam tanah sehingga tanah menjadi gembur kembali (memperbaiki tanah), sebagai pelarut TSP/SP-36 ,membantu mestabilkan pH,mengatur pergerakan dan penyaluran unsur hara dalam tanah,juga akan menciptakan lingkungan yang sesuai bagi perkembang biakan mikro organisme berguna bagi tanaman pada tanah.

10. Tanya : Apa peran asam amino (protein) dan lemak nabati? 
     Jawab : peran asam amino dan lemak nabati adalah untuk memacu tingkat produksi ungas, ternak dan ikan sekaligus mengurangi tingkat kematian. selain asam amino dan lemak nabati NASA juga menggunakan mineral mineral alam selain 13 unsur hara seperti Na,CL,Si,Mo,Cr,V dan As yang dibutuhka juga oleh unggas /ternak dan ikan.

11. Tanya : menggapa tanaman membutuhkan POC NASA dan POP SUPERNASA ? 
     Jawab : Tanah-tanah di endonesia menunjukan gejala semakin keras akibat penumpuka sisa sisa pupuk kimia pada tanah yang tidak hancur dan terikat selama puluhan tahun.tanah yang keras akan menyebapkan pemberian pupuk tidak dapat optimal diserap oleh tanaman selain perkembangan akar tanaman akan terganggu , NASA akan melarutkan sisa pupuk tersebut sehingga tanah menjadi gembur kembali selain pupuk kimia tersebut dapat dimanfaatkan kembali oleh tanaman . selain itu tanah-tanah kita kekurangan 10 unsur hera essensiil saja yaitu urea (N) , TSP/SP-36 (P) dan  KCI(K) yang sering di berikan, sedangkan taman untuk tumbuh akan menyerap paling tidak 13 unsur hera essensiil dan setelah panen tentu 13 jenis unsur hara akan hilang dan lokasi penanaman bersama dengan hasil panen yang di angkut ke luar areal penanaman. kondisi ini di endonesia sudah berlangsung puluhan tahun sehingga mudah di mengerti jika tanah-tanah kita kekurangan terutama 10 jenis unsurhera essensiil . penggunaan NASA bersama denga N,P dan K secara berimbang akan mengatasi masalah tersebut. 

12. Tanya : apakah POC SUPERNASA, POC NASA dan HARMONIK harus dipergunakn bersama sama ? 
     Jawab : jika di pergunakan bersama sama maka POP SUPERNASA di siramkan sebelum tanaman pupuk dasar,POC NASA dan HARMONIK maka setengah dosis SUPERNASA di siramkan ke tanaman sebelum tanaman untuk pupuk dasar dan setengah dosis sisanya beserta HARMONIK di semprotkan ke tanaman tersebut untuk pemeliharaan . jika menggunakan POP SUPERNASA maka 3/4 dosis di siramkan ke tanaman untuk pupuk dasar dan 1/4 dosis disiramkan ke tanah untuk pemeliharaan 

14. Tanya : apa penggunaan POC NASA atau POC SUPERNASA masih di butuhkan urea ,SP-36, KCI lagi?
     jawab : POC NASA dan POP SUPERNASA terutama ditunjukan untuk memberikan 10 unsur hara essensiil ,(selain N,P dan K) walaupun unsur N,P dan K juga dalam POC NASA dan POP SUPERNASA. POC NASA dan POP SUPERNASA tidak untuk mengantikan urea, SP-36 dan KCI (relatif tersedia di pasaran) . penggunaan POC NASA dan POP SUPERNASA untunk melengkapi penggunaan urea , SP-36 dan KCI agar tanaman mendapat nutrisi yang lengkap (13 jenis) . penggunaan POC NASA hanya menggurangi 12,5%-25% dan POP SUPERNASA 25%-50%  dosis rekomendasi pupuk urea , SP-36  dan KCI setempat.

15. Tanya : bagaimana POC NASA dan POP SUPERNASA dapat menghemat penggunaan pupuk makro kimia? 
     Jawab : Melalui dua cara :
 Secara langsung : melalui kandungan dalam POC NASA dan POP SUPERNASA.
Secara tidak langsung : melalui kemampuan POC NASA dan POP SUPERNASA dalam melarutkan deposit/resudu pupuk kimiA (unsur makro) dalam tanah sehingga dapat dipergunakan kembali oleh tanaman , kemampuan POP SUPERNASA  dalam hal lebih tinggi dibandingkan POC NASA. 

16. Tanya : bagaimana penggunaan POC NASA untuk tanaman ?
      Jawab : dosis untuk semua jenis tanamn antara 1-3 liter (2-6 botol) / 1000 m2/3-4  bulan. untuk anjuran dapat di coba dosis kecil dulu (2 botol). pemberian ideal ada dua cara sekaligus yaitu dengan cara 1/2 dosis total di siramkan 1-2 hari sebelum tanam dan 1/2 dosis total sisamya di semprotkan 3-6 kali dengan intervalwaktu 10-15 hari sekali hingga 1/2 dosis sisa tersebut habis . di siramkan mempunyai tujuan selain di serap lewat akar juga untuk menghancurkan sisa pupuk kimia dalam tanah sehingga tanah menjadi gembur kembali. dan disemprotkan mempunyai tujuan agar pupuk cepat masuk ketanaman lewat lobang stomata pada daun sehingga cepat di pergunakan tanaman. tetapi jika aplikasai lewat dua cara tidak memungkinkan karena beberapa sebap , pemberian dapat dilakukan lewat siraman ke tanah semua atau lewat semprotan ke daun semua.pemberian baik lewat siraman atau semprotan akan lebih baik jika tidak sekaligus semua dosis diberikan tetapi di berikan terdapat antara 4-8 kali siraman/semprotan  selama pertumbuhan tanaman mulai umur 7 hari setelah tanam dengan interval waktu pemberian 10-15 hari sekali.

17. Tanya : bagaimana cara aplikasi POP SUPERNASA?
     Jawab : Ada dua alternatif cara : 
 Alternatif 1 : 1 botol POP SUPERNASA di encerkan dalam 3 liter (3000cc) air di jadikan larutan induk, kemudian setiap 50lt (50.000cc) air di beri 200 cc larutan induk tadi untuk di siramkan/di kocorkan.
Alternatif 2 : setiap satu gembor/ember vol 10 liter di beri 1 pres sendok makan POP SUPERNASA , di aduk untuk menyiram 5-10 meter bedengan.

18. Tanya : Kapan awal dan aki POC NASA dapat di berikan ke tanaman semusim?
      Jawab : pemberian awal 1-2 hari sebelum tanam/saat tanam (jika di siramkan) jika tanam sudah berdaun (jika di semprotkan) dan pemberian akir pada saat tanaman hendak mulai berbungga/buah masih kecil. untuk tanamanyang di petik berkali kali seperti cabai,setelah pemetikan 2-4 dapat di semprot lagi untuk merangsang timbulnya bungga cabai lagi. 

19. Tanya :Apa POC NASA dan POP SUPERNASA , HARMONIK dapat di berikan tidak dari awal tanam?
     Jawab : Dapat (hanya kurang oktimal)untuk tanamn tahunan POP SUPERNASA segera di kocorkan/disiramkan sedangkan POC NASA+ HARMONIK di semprotkan jika kondisinya masih memungkinkan (masih dalam jangkaun alat semprot) sedengkan untuk tanaman musiman terutama sebelum tanaman memasuki fase generatif, POP SUPERNAS, bisa segera di siramkan. sedangkan POC NASA+HARMONOK di semprotkan.untuk tanaman yang lebih dari satu panen(cabai,kancang panjang dan dll) terutama POC NASA dan HARMONIK sebaiknya juga di semprotkan setiap kali selesai petik.

20.Tanya : Pada jam berapa atau kondisi seperti apa sebaiknya penyemprotan POC NASA+HARMONIK di lakukan?
    Jawab : Jika kondisi cuaca cerah ,sebaiknya penyemprotan di lakukan sekitar jam 07.00 sd 10.00,karena pada waktu tersebut stomata (mulut daun) membuka sempurna, sehingga tanaman dapat menyerap pupuk dengan maksimal,di samping itu juga untuk mencegah atau menggurangi terjadinya pengguapan. jika kondisi cuaca hujan sebaiknya penyemprotan agar optimal dapat di lakukan yaitu POC NASA+HARMONIK di campur dengan AERO810(perekat,perata,pembasah).

21.Tanya : pada bagian permukaan atas bawah daun sebaiknya POC NASA +HARMONIK disemprotkan? 
   Jawab : sebaiknya penyemprotan di kenakan merata pada kedua bagian permukaan atas atau bawah daun. karena stomata, (mulut daun) lebih banyak terdapat pada permukaan daun bagian bawah di bandingkan bagian atas maka penyemprotan di utamakn di kenakan pada permukaan daun bagian bawah. 

22. Tanya : Bagaimana Aplikasai POC NASA+HARMONIK pada tanaman tahunan yang sudah tinggi sehingga tidak memungkinkan di lakukan penyemprotan?
    Jawab : sebaiknya di siramkan di bagian perakaran, caranya buatlah lubang melingkar dengan kedalaman 10-15 cm yang bertujuan agar air/pupik tidak hilang agar mengalir dan juga mencegah atau menggurangi pengguapan, jarak lobang disesuwean tanjuk daun terluar atau letak pucuk daun  paling luar yang tumbuh menyamping. Apikasi dapat bersama dengan pemberian pupik makro.

23. Tanya : Mengapa pemberian POC NASA,HARMONIK dan POP SUPERNASA dengan dosis yang sama pada berbagai daerah peningkatan hasil panenya berbera?
      Jawab : Bercocok tanam sangat di pengaruhi oleh faktor-faktor benih/bibit,faktor iklim faktor tanah,faktor gangguan hama,penyakit dan gulma, unsur hara(pupuk) dan juga sumberdaya manusia petani.tingkat pengaruh dari faktor tersebut terhadap tanaman di berbagai tempat biasanya beragam,terutama kesuburan tanah,(cadangan nutrisi dalam tanah)juga beragam. hal ini memungkinnkan pengaruh pemupukan dengan dosis yang sama dengan beberapa tempat/wilayah terhadap peningkatan hasil panen yang di capai pun berbeda.

24. Tanya : Apakah dosis yang tercantum dalam petunjuk penggunaan POC NASA,HARMONIK dan POP SUOERNASA berlaku muktlak,bagaimana dalam aplikasi disis di tambahkan atau di kurangi ?
     Jawab : Meskipun dosis yang tercantum pada label maupun buku petunjuk tersebut sudah melalui prosedur penelitian sehingga dapat di pertanggungjawabkan, tetapi dosis tersebut tidak berlaku mutlak. dosis tersebut berlaku hanya sebagian panduan aplikasi ,menginggat kondisi pertanian sangat beragam,maka sebaiknya petani melakukan percobaan sendiri untuk mendapat dosis yang paling sesuai dengan lahan pertanianya, artinya bisa menggurangi atau menggubah dosis yang sudah ada pada petunjuk aplikasa,tetapi tetap mempertimbangkan nilai ekonomisnya.

25. Tanya : Apakah penambahan dosis yang tinggi dari POC NASA ,HARMONIK dan POP SUPERNASA dapat membahayakan tanaman dan lingkunganya?
    Jawab : tidak karena bahan baku maupun dalam proses pertumbuhan ketiga produk tersebut adalah cara alami dan tidak menggunakan dan melibatkan bahan bahan kimia. namun demikian penambahan dosis sebaikya tetap harus memperhatikan efektifitas dan nilai ekonomisnya.  

26. Tanya : Apakah POC NASA bisa dipergunakan bersama sama denga pestisida kimia? 
      Jawab :  POC NASA dapat diperggunakan bersama-sama dengan pestisida kimia.

27. Tanya : Apakah penyemprotan POC NASA+HORMONIK dapat di campur dengan produk nasa lainya ?
     Jawab : Pada prinsipnya bisa, tapi perlu di pertimbangkanefektifitas dan efisiensinya.misalya penyemprotan POC NASA+HARMONIK  dianjurkan pada sekitar jam 10.00 sd 10.00 pada saat stomata daun terbuka sempurna,sebanding dengan aplikasi pengendali hayati (BVR,VILTURA,VIREXI,PESTONA) di anjurkan pada sore hari guna menghindari panas sinar matahari .jika di campur aplikasinya pada satu waktu maka efektifitas dari beberapa produk akan berkurang,hal ini berpengaruh juga pada efisiensinya.

28.Tanya : Apakah POC NASA,POP SUPERNASA dan HARMONIK berbahaya/beracun bagi manusia/hewan?
     Jawab : POC NASA,POP SUPERNASA dan HARMONIK adalah produk non kimia yang aman bagi hewan dan manusia.

29. Tanya :Bagaimana mekanisme POP SUPERNASA,POC NASA dan HARMONIK mampu mencegah serangan penyakit maupun hama tanaman?
     Jawab : Sebelumnya perlu di tekankan bahwa POP SUPERNASA,POC NASA dan HARMONIK dapat di golongkan sebagai pupuk"BUKAN OBAT PENGENDALI HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN" dengan pemberian POP SUPERNASA,POC NASA dan HARMONIK serta pupuk makro(urea,TSP,KCI,DLL) maka tanamn mendapat nutrisi yang cukup,lengkap dan seimbang.hal ini menyebapkan tanaman lebih sehat.dan tahan terhadap serangan penyakit (tidaj mudah terserang penyakit) terlebih lagi dalam POP SUPERNASA dan POC NASA akan merangsang perbanyakan pembentukan senyawa polifenol yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan penyakit, selain itu aroma khas yang ada dalam POP SUPERNASA dan POC NASA tidak di sukaai hama tanaman, sehingga hama engan mendekat apalagi menyerang tanaman. hama di sini terutama,adalah hama yang kecil-kecil(seperti seranga,kutu dan ulat) bukan sebagai tikus atau burung.

30. Tanya : Apakah POC NASA dan POP SUPERNASA akan membrantas habis serangan hama atau penyakit?
    Jawab : POC NASA dan POP SUPERNASA bukan golongan pestisida jadi hanya di tunjuk untuk menggurangi tingkat serangan hama dan penyakit (fungsi utama adalah pupuk)sehingga penggunaan pestisida dapat di hemat.

31. Tanya : Apakah aroma khasa POC NASA dan POP SUPERNASA ?
      Jawab : Bau tanaman yang terpengaruh oleh POC NASA dan POP SUPERNASA hanya untuk hama saja (sangat kecil untuk umuran manusia)sehimgga tidak akan mengurangi kuwalitas panen.

32. Tanya : Apakah aroma dapat menjadi ukuran kuwalitas POC NASA dan POP SUPERNASA?
      Jawab : Pupuk adalah nutrisi atau unsur hara yang di berikan kepada tanaman. sehingga parameter utama untuk kuwalitas sebuah pupuk adalah kandungan nutrisi yang lengkap dalam jumplah dan berimbang.parameter lainya adalah kemampuan pupuk tersebut dalam memperbaiki tanah dan memelihara kelestarian lingkungan. POC NASA dan POP SUPERNASA memenuhi syarat kuwalitas tersebut, terutama dalam unsur hara makro sekunder dan unsur hera mikro.dan masih di lengkapi dengan asam humat dan filvat,serta hormon dan zat pengatur tubuh ZPT .sedangkan aroma yang khas adalah bawaan dari bahan baku pupuk sehingga seperti halya pupuk kandang lama kelamaan aroma juga akan berubah sehingga tidak bisa jadi ukuran kuwalitas pupuk.

33. Tanya : Apakah tanaman yang bertambah besar dan tinggi karena menggunakan POC NASA dan POP SUPERNASA akan mudah roboh?
     Jawab : Karena peran hormon dan unsur-unsur dalam POC NASA dan POP SUPERNASA seperti unsur K dan Ca yang berfungsi mengeraskan jerami dan jaringan tanaman maka tanaman akan tetap kuat dan tidak mudah roboh.

34. Tanya : Sebagai pupuk organik apakah setelah POC NASA dan POP SUPERNASA di berikan pada tanaman dapat langsung di pergunakan tanamanya ?
     Jawab : kandungan unsue dalam POC NASA dan POP SUPERNASA sudah dalam bentuk ion (ibaratnta sudah dalam bentuk kacang yang sudah tidak ada kulitnya) sehingga belum bisa di gunakan langsung oleh tanaman. hanya kandungan unsur POP SUPERNASA bersifat slow release sehingga pemberianya ke tanaman bertahap(tidak secepat POC NASA)

35. Tanya : apakah POC NASA dan POP SUPERNASA dapat mengantikan fungsi pupuk kandang/kompos?
     Jawab : POC NASA dan POP SUPERNASA dapat mengantikan pupuk kandang/kompos terutama kandungan unsur hara mikro . 1 liter (2botol) POC NASA mempunyai fungsi unsur mikro setara dengan 1Ton (1000 kg) pupuk kandang.tetapi jika pupuk kandang tersedia tetap di anjurkan untuk dipergunakan.

36. Tanya : mengapa kandungan unsur hara mikro dalam 1 Ton pupuk kandang serta dengan 1 liter POC NASA?
     Jawab : Hal tersebut dapat di ibaratkan dengan 1 Ton tebu yang akan di ambil gulanya , (sari pati/ekstrak tebu) masuk pabrik gula,maka setelah jadi gula mungkin hanya beberapa kg gula saja tidak sampai 1 Ton (yang lain ampas tebu) . dengan demikian "sari pati" (unsur hara) dalam satu Ton pupuk kandang juga tidak sampai 1 Ton tetapi hanya beberapa gram saja. POC NASA di sini sudah dalam bentuk sari pati/ekstrak daripupuk kandang/kompos.

37. Tanya : Bagaimana penghitungan ilmiah /rinci 1lt POC NASA mempunyai kandungan unsur mikro setara 1 Ton pupuk kandang?
     Jawab : 100% buat pupuk organik padat (misal 1 ton/1.000.000gr) terdiri dari 85% air (terbuang) dan 15% bahan padat . 15% bahan padat jika di panaskan pada suhu kurang lebih 6000c terdiri dari 90% unsur carbon (c), Hidrogen (H) dan Oksigen (O) dan wujud gas (terbuang) dan 10% unsur makro dan mikro . dari 10 % tersebut unsur makro terdiri dari satu bagian dan unsur mikro 250 bagian.  jadi dalam 1 Ton (1.000.000 gr) pupuk kandang mengandung unsur mikro:
         Unsur mikro :

                                                   251                      100                   100
Dalam NASA berdasar perhitungan dan hasis uji lab setelah di ubah ke dalam berat (karena bentuk aslinya cair) terdapat 60 gr unsur mikro.jadi kandungan mikro 1 Ton pupuk kandang setara dengan + 1 lt NASA.

38. Tanya : bagaimana pengaruh POC NASA dan POP SUPERNASA terhadap perkembangan dari mikro organisme berguna pada tanah.
      Jawab : sebagai salah satu fungsi humat dan fulvat maka POC NASA dan POP SUPERNASA akan meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan mikroorganisme berguna pada tanah seperti Aspergilus  niger, Penicilium,glaucum,Bacillus,mycoides dan Scenedesmus spp, selain juga organisme lain seperti cacing tanah.

39. Tanya : Bagaimana pengaruh POC NASA dan POP SUPERNASA terhadap daya simpan hasil panen?
     Jawab : dengan kelengkapan kandungan unsur dalam POC NASA dan POP SUPERNASA maka hasil panen dapat di simpan lebih lama (proses kerusakn hasil panen dapat di perlambat).

40. Tanya : Bagaimana tingkat ekonomis penggunaan POC NASA ?
      Jawab : Dosis POC NASA adalah 5-15 lt/ha, misal digunakan hasil 7 lt/ha dulu (hal ini di sesuekan juga dengan kesuburan tanah setempat) .berikut adalah penghitungan ekonomis untuk tanaman padi : 
1.jikaN,P,K di kurangi A. PENGHEMATAN UREA (N).TSP (P) dan KCI(K).NASA dapat mengurangi N,P,K 12,5% -25% kebutuhan N ,P,K untuk pribadi/ha(atau sesua rekomendasi PPL setempat) : urea (N) :(300kg/ha x 25%)x rp.1.200-,/kg=rp.90.500,- TSP (p) : (150kg/ha x 25%) x rp.1.700,-/kg=rp.63.750,KCI (K) : (150g/ha x 25%) x rp.1.800,-/kg = rp. 67.500,- total penghematan N,P,K = Rp.221.750,- 

B.Pertimbangan hasil , peningkatan hasil kurang lebih 20%-60% jika di ambil peningkatan 30 % dengan rata rata produksi padi 5 Ton maka pertambahan hasil terbesar :5 Ton x 30% =1,5 ton (15000kg) dengan harga jual gabah + Rp.1.000,-/kg-Rp.1.500,-/kg di ambil harga jual gabah Rp..1000,-/kg maka peningkatan pendapatan =15000 kg x Rp.1.000,-/kg =Rp.1.500.000,- total pertambahan hasil : A+B= Rp.221.750+ Rp.1.500.00=Rp.1.721.750

C. Pengeluwaran pembeli NASA=14 botol X Rp.17.500,-(terendah) =Rp.245.000,- 
 14 botol X Rp.27.000,-(tertinggi)=Rp.378.000,-

D. Jadi tabahan keuntungan bersih =(A+B)-C 
=Rp.1.721.750,-Rp.245.000 
=Rp.1.467.750,-/ha
=Rp.1.721.750,-Rp.378.000
=Rp.1.343.750,-/ha

II.Jika dosis N ,P,K tidak di kurangi.
A.Pertambahan hasil.
    Peningkatan hasil kuramg lebih 40 % =5 ton x 40% =2 ton (2,000kg)
=2.000 x Rp.1.300,-(harga gabah) =Rp.2.600.000

B. Pengeluwaran untuk pembelian NASA =14 botol x Rp.17.500,-=Rp.245.000,-
C. Jadi tambahan keuntungan bersih =A-B=Rp.2.600.000,-Rp.45.000,-=Rp.2.355.000,-/ha

Tambahkan keuntungan bersih di atas belum termasuk tambahan keuntungan dari pengurangan biaya untuk pemberian pestisida hormon, bahan pengembur tanah karena NASA mampu menggurangi serangan hama dan penyakit,mensuplai hormon dan mengemburkan tanah. keuntungan bersih akan meningkat untuk komoditi yang harganya lebih mahal dari pada seperti komoditi holtikultura.

41. Tanya : apa peran POC NASA bagi tingkat produksifitas kolam/tambak?
       Jawab : peran POC NASA bagi perikanan adalah : 
1. memacu pertumbuhan pakan alami udang/ikan /bandeng yaitu plangton. 
2.jika di campur dengan pakan ikan (untuk udang tidak di anjurkan ) akan memberikan suplai mineral dan vitamin yang di butuhkan.
3.akan melarutkan senyawa senyawa kimia berbahaya yang akan meracuni tambk/kolam.
 Dari peran POC NASA tersebut maka selain kuwantitas /bobot panen ikan/udang/bandeng meningkat tingkat kematian juga dapat diturunkan.

42. Tanya : Bagaimna penggunaan pada tambak/ikan?
      Jawab : 
1.pada tambak , setelah tambak di bajak dan di beri kapur,berikan 10 lt (20 botol) setelah di encerkan (20-100c/10lt air) secara merata dan tambak di genangi air setinggi kurang lebih 10 cm. biarkan selama 3-7 hari , setelah itu baru ketinggian air di tambah dan benih ikan /bandeng di terbarkan .pemberian pada pakan udang tidka di anjurkan/tidak perlu di sini.
2.pada kolam selain pemberian pada tanah pemberian di lkukan lewa pakn (pelet ) yaitu 2-10 cc di encerkan dalam 0,5-1 lt untuk merendam 1kg pakan/pelet (patokanya adalah pelet jangan sampai basah sekali tetapi air dapt terserap pelet semua ) lalu di berikan ke kolam ikan (jika di tiriskan atau di keringkan dulu akan lebih bagus ).untuk kolam dengan dasar semen dapat di berikan hanya lewat pakn saja . 

43. Tanya : Apa peran POC NASA bagi ungas/ternak? 
     Jawab : 
1. meningkatkan kuwalitas enzim dalam menghancurkan / mengeluwarkan pakan yang di berikan dalam saluran pencernaan ungas sehingga jumplah pakan yang di serap jadi lebih cepat dan banyak.
2. memberikan suplay mineral/vitamin protein dan lemak pada ungas dan ternak.
Dari peran NASA tersebut selain tingkat kematian dapat diturunkan pada ungas dapat di capai masa potong(umur) lebih singkatjika bobot ingin seperti sebelumnya menggunakan NASA . sehingga bisa menghemat pakan atau bobot ungas meningkat. (jika ingin panen dengan umur yang sama dengan umur sebelum menggunakan NASA) sedangkan pada ternak dapat di capai pertambahan bobot/hari(Avarage Day Growth/ADG) lebih meningkat.

44. Tanya : Bagaimana debgan Aplikasi untuk ungas/ternak?
      Jawab : pemberian pada ungas adalah melalui air minum yaitu 2-5 cc /lt air di berikan setiap hari hingga panen, jika di berikan lewat pakan harus di tiriskan dan dikeringkan dulu dengan dosis 2-5 cc/lt/kg pakan. pemberian pada ternak saat combor dengan dosisi 5-10 cc/lt/air antara1-5 hari sekali.

45. Tanya: Untuk ikan ungas /ternak yang telh di berikan NASA apakah tidak berbahaya bagi manusi yang mengkonsumsinya?
     Jawab : NASA adalah tidak beda dengan Vitamin-Vitamin /mineral-mineral yang di butuhkan oleh ikan ,unggas dan ternak sehingga tidak berbahaya untuk manusia yang mengkonsumsinya. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TANYA JAWAB MENGENAI PENGGUNAAN SUPERNASA DAN POC NASA"

Posting Komentar

berkomentarlah dengan bijak dan sesuai materi artikel yang di unggah | tidak terima spam