PELAYANAN ORDER & DAFTAR DISTRIBUTOR PUPUK NASA.CALL WA 085 222 373 224.

JENIS JENIS TANAMAN CENGKEH

JENIS JENIS POHON CENGKEH

Untuk jenis cengkih yang lazim di tanam di indonesia ada 3 macam yaitu :

1.CENGKIH ZANZIBAR
2. CENGKIH SIKOTOK
3. CENGKIH SIPUTIH

Untuk membedakan jenis-jenis cengkih tersebut diatas masin-masing mempunyai perbedaan tersendiri :

CENGKEH ZANZIBAR

Tanda-tanda jenis cengkeh zanzibar adalah tajuk daunnya berbentuk silinder, dengan warna daun kemerah-merahan, ada juga yang berwarna merah kehijau-hijauan dan daunnya yang berwarna merah agak jingga. Adapun tanda-tanda ini menunjukan kalau cengkeh zanzibar yang ada di indonesia ini  bentuknya masih variable. Sedangkan untuk warna bakal bunganya sama dengan warna dari daun itu sendiri, misalnya, pohon yang daunnya kehijau-hijauan, maka bakal bunganya akan berwarna kehijauan pula. Sedangkan pohon yang daunnya agak kemerah-merahan, nanti bakal bunganya akan menjadi kemerah merahan pula. Kemudian untuk tiap-tiap tras bunganya akan berjumlah kurang lebih 50 buah.

Salah satu ciri dari cengkeh zanzibar ini mempunyai daun yang rindang dan akan menutup seluruh batangnya. Kemudian hebatnya pula, percabangan dari cengkeh jenis ini tidak pernah mati. Artinya cabang-cabang mulai dari bawah sampai ke atas tetap akan hidup, maka dari itu keadaan menjadi sangat rimbun.

Jenis cengkeh ini sebenarnya dulu berasal dari MALUKU hingga demikian orang AMBON selalu mengatakan untuk jenis cengkeh ini dengan sebutan BUNGULAWANKIRI. Selain daunnya rimbun, jenis pohon cengkih ini akan kelihatan pula lebih besar dibandingkan pohon cengkeh jenis lainnya.



CENGKEH SIKOTOK

Untuk jenis cengkeh sikotok ini mempunyai tajuk daun berbentuk piramida, tetapi ada juga yang mempunyai tajuk daun silindris. Kemudian warna daunnya hijau kekuning-kuningan, namun ada juga yang berwarna hijau kehitam-hitaman. Daunnya bila dipegang akan terasa lebih kaku dibandingkan dengan cengkeh jenis zanzibar. Cabang dan daunnya juga agak rindang, hingga menutupi ranting. Juga sama dengan jenis zanzibar, cabang-cabangnya juga hidup dari bawah sampai ke atas. Hanya saja cabang-cabangnya agak condong ke atas sehingga membentuk sudut pada batang pokoknya. Bunganya berwarna kuning dengan sedikit kemerah-merahan pada tongkol bunga, tiap rumpun berbunga antara 20-50. Hingga demikian maka jumlah bunganya akan hampir sama dengan jenis zanzibar.


CENGKEH SIPUTIH

Pohon cengkeh jenis putih inilah yang paling kecil pohonnya. Bila dibandingkan baik dengan jenis zanzibar maupun jenis sikotok, maka siputih ini memiliki daun yang paling sedikit, tak serindang dua jenis lainnya.

Daunnya berwarna kuning atau hijau muda, helainya besar-besar.cabangnya kurang rimbun. Salahsatu ciri dari jenis cengkeh siputih ini adalah percabangannya bagian bawah mati, hingga dengan demikian maka cabang-cabang baru muncul beberapa meter dari permukaan tanah, atau kebiasaannya cabang ini baru muncul antara 2 meter dari tanah.. Kemudian bunga pada cengkeh siputih ini memang agak besar bila dibandingkan dengan 2 jenis cengkeh diatas.

Karena bentuk bunganya ini lebih besar dari jenis-jenis cengkeh lainnya itu, maka untuk tiap rumpun biasanya hanya berjumlah belasan saja. Atau bila dihitung maka tiap-tiap trasnya hanya berkisar antara 15 sampai 20 buah. karena seringnya terjadi persilangan antar jenis satu dengan jenis yang lain, maka kita sering mendapatkan kesukaran dalam membedakannya.

Demikian jenis jenis pohon cengkeh yang dapat kita kenali sebagai acuan ketika kita akan melakukan Budidaya Tanaman Cengkeh.



TERIMA KASIH

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "JENIS JENIS TANAMAN CENGKEH"

  1. Cengkih dan jenisnya saya menemukannya di sini gan !
    https://duniafaunasatua.000webhostapp.com/2018/04/tanaman-cengkih-dan-jenisnya

    BalasHapus
  2. Klo untuk daerah yang agk kering jenis ap yang ccok y?

    BalasHapus

berkomentarlah dengan bijak dan sesuai materi artikel yang di unggah | tidak terima spam