PELAYANAN ORDER & DAFTAR DISTRIBUTOR PUPUK NASA.CALL WA 085 222 373 224.

CARA MENANAM NANAS DENGAN BAIK DAN BENAR

CARA MENANAM NANAS DENGAN BAIK DAN BENAR

Nanas adalah tumbuhan yang telah tersebar di seluruh dunia. Batangnya pendek dan kokoh. Daunnya tebal dan bergerigi di pinggirannya. Akarnya pendek, tebal, tumbuh di sela-sela ketiak daun, melingkari batang dan tidak dalam.

Buahnya cocok ditanam di daerah yang banyak curah hujannya. Di daerah kering juga dapat tumbuh, asalkan mendapat pengairan yang cukup. Nanas akan tumbuh baik pada daerah yang berketinggian 100-200 m dari permukaan laut.


Nanas dapat digolongkan menjadi 2 jenis, yaitu :

  1. Matanya menonjol dan lekukan nyata. Jenis ini memiliki daging buah yang halus seratnya, dan kurang berair. Rasanya enak dan manis. Yang termasuk golongan ini ialah nanas Bogor, Nunggal, Palembang, Mandalung dan lain-lain. Kalau sudah masak kulitnya kuning.
  2. Matanya rata, memiliki serat daging yang besar dan banyak air. Rasanya kurang manis atau asam-asam manis. Termasuk golongan ini ialah, nanas Merah, lacen dan lain-lain.
Penanaman mudah dan tidak memerlukan tanah yang luas. Buahnya, selain dimakan, juga dapat dibuat manisan, sirup dan manisan dalam kaleng atau selai.

1. Pemilihan Bibit

Pembiakan nanas dilakukan dengan stek tunas. Ada 5 jenis tunas pada nanas antara lain :
  • Tunas akar, tumbuh dekat batang pokok agak dalam tanah.
  • Tunas batang, yang keluar dari batangnya.
  • Tunas yang tumbuh di bawah dasar buah.
  • Tunas yang keluar dari bawah mahkota buah.
  • Pucuk buah, semacam tunas yang terdapat di ujung buah. Disebut pula tunas buah dan mahkotanya.
Yang dipergunakan untuk bibit biasanya tunas akar dan tunas batang. Tunas tersebut dapat langsung ditanam. Sedangkan tunas yang lain harus disemaikan terlebih dahulu. Bibit dari tunas akar akan berbuah setelah berumur 12 bulan. Bibit yang baik rata-rata tingginya 35 - 40 cm, sehat, daunnya tebal dan segar. Sebelum ditanam, beberapa daun bagian bawah dipotong separuh lalu simpan di tempat yang agak teduh selama seminggu agar luka batangnya mengering. Hal ini berguna untuk mencegah pembusukan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MENANAM NANAS DENGAN BAIK DAN BENAR"

Posting Komentar

berkomentarlah dengan bijak dan sesuai materi artikel yang di unggah | tidak terima spam