PELAYANAN ORDER & DAFTAR DISTRIBUTOR PUPUK NASA.CALL WA 085 222 373 224.

PUPUK PENYUBUR TANAMAN KAKAO

PUPUK PENYUBUR TANAMAN KAKAO, OBAT PENYUBUR KAKAO, PUPUK PENYUBUR TANAMAN COKLAT, OBAT PENYUBUR COKLAT

  Coklat bagi masyarakat indonesia sudah tidak asing lagi dan mudah mendapatkannya ditoko berupa permen coklat,susu coklat,es krim coklat,atau yang lainnya.Untuk masyarakat kota bahan makanan tadi menjadi makanan yang sangat digemari karena rasanya enak  dan membangkitkan selera untuk menikmatinya. Harganya pun cukup menarik dan dapat membangkitkan semangat untuk berproduksi bagi pabrik. Bagi petani dapat memberikan keuntungan yang tidak kecil. Hal itu tidak lain karena coklat saat ini merupakan bahan konsumsi masyarakat golongan menengah dan atas,yaitu orang yang penghasilannya sedang sampai tinggi.

www.pupuksupernasa.com


  Pemasaran coklat indonesia dalam kancah perdagangan coklat dunia masih mempunyai peranan yang kecil mengingat luas tanaman coklat baru berkembang dan meluas belakangan ini. Jika perluasan tanaman coklat dilakukan sejak lama, mungkin indonesia dapat menjadi penghasil coklat utama dunia karena sumber daya alam indonesia memugkinkannya. Sampai saat ini ekspor biji coklat indonesia baru beberapa persen dari total produksi dunia. Menilik angka itu,maka peranan indonesia hampir tidak ada artinya.

Negara penghasil coklat utama dunia saat ini adalah Ghana,Brasil,Nigeria,Pantai Gading,Kamerun,Malaysia,Ekuador,dan Dominika. Akan tetapi,dengan program pemerintah dan didukung oleh keinginan rakyat indonesia,diharapkan tanaman coklat semakin meluas diwaktu yang akan datang.Dengan demikian,diharapkan terjadi peningkatan volume ekspor.

 Negara importir utama coklat adalah negara-negara yang tingkat kemakmurannya telah tinggi,misalnya Amerika Serikat,Jerman Barat,Belanda,Uni Soviet,Inggris,Prancis,dan Jepang.Dinegara-negara tersebut coklat tidak dapat tumbuh dengan baik,padahal masyarakatnya sangat menyukai makanan yang terbuat dari coklat. Oleh karena itu,mereka harus mengimpornya dari negara-nagara penghasil coklat.

  Negara pengimpor coklat indonesia saat ini adalah Jerman Barat,Belanda,Amerika Serikat,Prancis,Jepang,Singapura.Dengan semakin luasnya areal kebun coklat di indonesia,maka ekspor indonesia memiliki kecenderungan terus meningkat.

  Tanaman coklat merupakan tanaman yang tidak tahan terhadap terik sinar matahari,terutama tanaman muda,tetapi semakin tua semakin agak tahan panas meskipun masih tetap perlu naungan. Naungan untuk tanaman coklat berupa pohon pelindung.Tanaman muda perlu dilindungi dengan pelindung sementara,antara lain dapat dipergunakan tanaman Moghania macrophylla dan Flemingia congesta. Sedangkan tanaman dewasa perlu diberi pelindung tetap berupa tanaman lamtoro,dan tanaman pelindung sementara harus ditebang karena tanaman coklat telah produktif dan lindungan harus dikurangi.Tanaman coklat tumbuh baik pada tanah yang gembur dan subur.Daerah dengan curah hujan 1.800-3.000 mm per tahun cocok untuk tanaman coklat. Adapun pH tanah(keasaman tanah)yang ideal adalah 5,9-7.

www.pupuksupernasa.com

  Tanaman coklat termasuk tanaman yang kurang tahan terhadap serangan hama-penyakit. Apabila petani tidak melinduginya dengan benar terhadap serangan hama-penyakit,maka produksi coklat akan semakin merosot sehingga harapan petani untuk beruntung menjadi gagal. Kegagalan 1-2 kali mungkin masih akan dihadapi dengan tabah,tetapi kegagalan panen yang terjadi berulang-ulang mengakibatkan petani putus asa karena kecewa tanaman coklatnya berproduksi rendah akibat serangan hama-penyakit.

  Banyak jenis hama dan penyakit tanaman kakao muncul pada daerah yang semula dinyatakan bebas hama-penyakit,mialnya penyakit VSD(Vascular Streak Dieback).Penyakit tersebut kini banyak menyerang tanaman coklat pada beberapa lokasi yang berbeda,padahal daerah-daerah tersebut sebelumnya tidak mengandung penyakit ini. Salah satu hal yang menyebabkan penyakit ini tersebar dengan cepat ialah ulah manusia itu sendiri. Sering terjadi seseorang membawa bibit coklat dari daerah yang terserang tanpa diperiksa dahulu,apakah bibit tersebut tidak mengandung penyakit. Untuk mengatasi penyebaran penyakit ini perlu adanya"peraturan karantina" Melalui peraturan tersebut,bibit tanaman dari daerah lain atau dari luar nrgeri yang diduga mengandung hama-penyakit dilarang masuk ke daerah yang belum terserang.

  Sampai saat ini cara yang paling praktis untuk mengendalikan hama-penyakit kakao ialah dengan menggunakan pestisida kimia. Pestisida adalah bahan kimia yang digunakan untuk membunuh atau menghambat perkembangan jasad penggangu (hama,penyakit,dan gulma). Akan tetapi ,penggunaan pestisida mempunyai banyak kelemahan,antara lain merusak lingkungan,menimbulkan kekebalan,membunuh parasit dan predator yang berguna,dan harganya relatif mahal. Mengendalikan hama-penyakit dengan pestisida bararti harus mengeluarkan uang,baik untuk membeli pestisida,sprayer,maupun ongkos penyemprotan. Untuk perkebunan basar dilaporkan bahwa pengeluaran biaya untuk pengendalian hama-penyakit dinilai cukup besar sehingga keuntungan perkebunan tersebut berkurang. Sedangkan bagi petani coklat rakyat biaya pengendalian hama-penyakit lebih rendah karena ongkos penyemprotan tidak dihitung.

  Cara termurah dalam mengendalikan hama-penyakit tanaman coklat ialah dengan menggunakan varietas coklat yang tahan atau toleran. Memang harus diakui bahwa menciptakan varietas coklat yang tahan hama-penyakit tidak semudah dan secepat menciptakan padi VUTW(Varietas Unggul Tahan Wereng). Tanaman coklat umurnya puluhan tahun,sedangkan padi hanya beberapa bulan. Namun,perlu pemikiran untuk mencari jalan keluar dalam menghadapi tantangan tersebut. Jika peneliti komoditi coklat dapat menghasilkan varietas baru yang tahan hama-penyakit tertentu,maka banyak pihak yang tertolong.Peranan coklat dalam menghasilkan devisa negara menjadi suatu kenyataan bila varietas coklat yang tahan hama-penyakit berhasil ditemukan.

www.pupuksupernasa.com

PT NATURAL NUSANTARA memberikan sebuah terobosan alternatif melalui sebuah teknologi organik dengan menghadirkan produk berbasis organik alami berupa pupuk organik berteknologi modern, bertujuan untuk menyuburkan kembali tanah dan tanaman sehingga mampu mendongkrak produktivitas. pupuk ini mampu menyeimbangkan ph keasaman tanah dan mampu melarutkan sisa sisa residu kimia dalam tanah yang tadinya tidak berguna bagi tanaman akan kembali bermanfaat bagi tanaman, dan juga manfaat pupuk ini bisa merangsang pertumbuhan bunga dan buah juga dapat mengendalikan busuk pada buah, juga pupuk ini mampu mencukupi semua unsur hara terutama mikro yang sangat di butuhkan untuk pertumbuhan tanaman. pupuk tersebut adalah pupuk SUPERNASA dan pupuk POWER NUTRITION.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PUPUK PENYUBUR TANAMAN KAKAO"

Posting Komentar

berkomentarlah dengan bijak dan sesuai materi artikel yang di unggah | tidak terima spam